Tips Agar Surat Lamaran Kerja Diterima, cara membuat contoh surat lamaran kerja
atau kumpulan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar,bagi kamu yang ingin membuat surat lamaran kerja silahkan diperhatikan telebih dahulu yang di bawah ini
Image from google |
Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :
1. Surat lamaran harus Impresif
Isi surat lamaran
kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan
tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita
secara menarik.
2.Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah
surat lamaran kerja yg ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung
tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita.
Ingat kesan pertama sangatlah penting.
3.Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.
Contoh
prestasi kerja maupun pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk
menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi & pengalaman yg patut
dipertimbangkan.
Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.
4.Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas.
Kita mempunyai
kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita
dalam kesempatan wawancara. Maka dari itu, untuk saat ini buat
penjelasan yg singkat tetapi efektif.
5.Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.
Dalam surat
lamaran kerja anda hindari penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat
yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan
tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata
keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang,
yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis seperti
contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak
kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.
6.Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.
Sebaiknya
pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan
bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang
baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran
kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi
kita.
7.Tujuan dan alasan melamar kerja.
Pada surat lamaran
kerja anda, cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan
yg sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan
pengalaman yg memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan
bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi
yg berharga bagi perusahaan tersebut.
8.Kerapihan surat.
Agar lamaran anda mudah dibaca jangan
menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari
penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih,
tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.
9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika
memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar
ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan
kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau
laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena
akan memberi kesan kita orang yg tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan
jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi
kesan formal.
Nah itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan.
0 komentar:
Posting Komentar
Kami akan menyetujui komentar anda jika sesuai peraturan di bawah ini
Peraturan
1.Tidak menggunakan link aktif pada komentar
2.Tidak memuat kata kasar atau SARA dan memuat kebencian
3.Tidak terlalu pendek