Tips Untuk Memaksimalkan Rapat
Jika rapat anda sebelumnya tidak berjalan maksimal dan cenderung lari ke arah lain,dimana pembicaraan anda tidak fokus pada suatu hal mungkin anda dapat belajar dari beberapa tips berikut
1.Mengatur agenda yang jelas
Agenda ,menguraikan semua poin yang perlu didiskusikan, harus ditulis dan salinan diberikan kepada semua orang yang menghadiri pertemuan tersebut. bahwa cara ini dapat digunakan untuk mengarahkan diskusi kembali ke titik berikutnya setiap kali ada tanda itu kehilangan fokus.
Mengadakan pertemuan bisnis di ruang kantor tidak selalu ideal, karena ketika mereka berada pada orang yang mereka temui sehari-hari saat bekerja mungkin saja mereka akan merasa bosan dan cenderung membicarakan hal di luar tapoik,melainkan antra mereka. Memilih ruang pertemuan akan membantu orang untuk fokus pada agenda tertentu di balik pertemuan tersebut.
3.Mengenakan batas waktu
Pertemuan harus memiliki waktu awal dan akhir yang jelas, dan harus ada batas waktu yang akan dikhususkan untuk setiap titik, karena hal ini menciptakan rasa urgensi yang memaksa orang untuk sampai ke titik langsung, atau berisiko tidak dapat mengatakan apa yang mereka perlu katakan.
4.Pastikan setiap orang memberikan kontribusi
Jika Anda tetap dengan praktek meminta semua orang untuk pendapat tentang setiap item dalam agenda, dalam keterbatasan waktu, maka hal ini membebankan struktur yang pasti. Setelah semua orang telah membuat kontribusi Anda dapat pindah ke item berikutnya dalam agenda Anda.
5.Berikan senggang waktu
Rapat terkadang bukan hanya berlangsung 1-2 jam tapi terkadang berlangsung lebih dari waktu tersebut.Untuk itu harus ada waktu senggang agar semua anggaota dapat sedikit merileksan tubuhnya dan dapat mengingat dan memperlanjar kenerja otak mereka.
yang sering saya alami, awal kendalanya dari kurang disiplin terhadap waktu ni mas
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerima Kasih atas tanggapan dan pengalaman anda akan post ini.
Hapus